Rabu, 02 September 2015

SCANIA Truck and Bus Technology


1. SCANIA di Indonesia

Pasti sahabat blogger udah pada kenal SCANIA...
Itu lho...bus Trans Jakarta yang baru kan merk nya SCANIA.Product ini berasal dari satu negara dengan VOLVO, yaitu Swedia. Sudah kebayang kan seperti apa standard dan tehnology kendaraan eropa..?

Sebenarnya SCANIA mempunyai sejarah perkembangan yang lebih panjang di bandingkan VOLVO. Meskipun ke dua pabrikan asal Swedia itu sama-sama memproduksi Truck dan Bus. Akan tetapi bisnis SCANIA yang dimulai sebelum PD - II banyak mengalami pasang surut, karena pengaruh situasi dan kondisi international, terutama perang dunia ke-2 pada masa itu.

Denger-denger di berita, harga 1unit Bus Trans Jakarta SCANIA harganya mencapai 5M lebih loh....
Murah apa mahal...??? Jawabanya relative. Kalo buat kantong saya ya jelas mahal bingitss.... Tapi kalo untuk ukuran pemerintah menurut saya jauh lebih murah (=efektif dan efisien) jika dibandingkan dengan pendahulunya yang saya kurang paham dengan product dan merk-nya. Yang lebih sering disebut dengan 'Bus Karatan"...hehehe..

Oya... Product SCANIA sebenarnya sudah lama masuk di Indonesia. Tapi kebanyakan yang masuk adalah jenis Truck berat yang bisasa dipakai di dunia pertambangan batubara. Product Bus SCANIA mulai banyak masuk ke Indonesia semenjak ATMP nya berpindah ke PT United Tracktor Tbk. Sebelum Trans Jakarta, sudah banyak perusahan angkutan umum yg menggunakan product bus ini seperti PO Nusantara, PO Harapan Jaya dan lain lain...




 
SCANIA R580. Engine DC1601L03 V8 580HP


Bus Trans Jakarta SCANIA Euro 6

Apa saja keunggulan technology SCANIA di bandingkan Truck dan Bus pada umumnya..???
Simak ulasan berikutnya yak..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar