Minggu, 13 Januari 2013

GREASE LUBRICANT (GEMUK PELUMAS)


Grease adalah merupakan jenis pelumas yang paling tua/ lama. Grease dari bahan dasar lemak hewan dipergunakan telah dipergunakan dari jaman Mesir kuno untuk melumasi bantalan poros mesin-mesin perang mereka. Sementara grease pertama kali terbuat dari lemak binatang, mampu digunakan untuk plumasan dengan kecepatan dan beban sedang, sementara untuk tehnology saat ini sudah tidak bisa diaplikasikan lagi.
Beban yang tinggi, kecepatan tinggi dan temperature tinggi, dan beberapa persyaratan khusus lainnya harus dapat dipenuhi oleh grease modern.


Komposisi grease dan daya tahannya


Secara umum, grease modern terdiri dari thickener atau matrix dan base oil (mineral atau synthetic oil). Thickener atau matrix biasanya berupa “metalic soap” (seperti sodium, calcium atau lithium), clay (bentonite), atau synthetic material, dan perlakuan perawatan (service) grease tergantung pada type thickener yang digunakan.
Pada aplikasinya, grease dapat diilustrasikan seperti busa/ spon. Material busa/spon dapat menyerap sejumlah cairan yang cukup banyak (dalam hal ini oli) yang kemudian akan dilepas keluar ketika busa mendapatkan tekanan dan akan diserap kembali ketika tekanan pada spon tidak ada lagi.
Demikian halnya pada grease, thickener atau matrix pada grease akan menyerap oli dan melepaskannya untuk menciptakan daya pelumasan ketika grease terkena beban yang besar seperti misalanya kejadian pada sebuah bearing. Ketika beban berkurang, misalnya bearing berputar (dan sebelum bagian bearing berikutnya terkena beban), oli akan diserap kembali ke dalam thickener grease, siap untuk proses pelumasan berikutnya.
Untuk meningkatkan beberapa kemampuan kusus dari grease, beberapa aditive telah ditambahkan. Untuk meningkatkan kapasitas daya tahab beban (loadcarrying capability), solid additive seperti PTFE (Polytetrafluoroethylene), molybdenum disulfide atau graphite (pada beberapa waktu terakhir ini) juga sering digunakan. Beberapa additive lain mungkin juga digunakan, tergantung kebutuhan yang diperlukan untuk beberapa variasi grease.
Aditive “Tackiness” digunakan didalam grease untuk memperluas aplikasi grease, terutama untuk bagian dimana terdapat gaya centrifugal yang cukup besar. Additive anti oxidant digunakan pada grease untuk aplikasi industri dimana periode service lebih penjang.  Pelindung karat dan korosi sangant diperlukan sebagai sistem perlindungan tambahan .

Klasifikasi grease


Klasifikasi gerase dibedakan berdasarkan  type thickener dan tingkat kekentalannya

Klasifikasi berdasarkan thickener

 Grease diklasifikasikan berdasarkan pada type soap atau thickener yang digunakan pada saat proses pembuatan, karena unsur ini yang paling berpengaruh terhadap performance grease. Beberapa type grease secara umum yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

Sodium Soap Base  - Grease dengan kandungan serat tinggi didesain untuk digunakan pada komponen dengan temperatur kerja yang tinggi seperti untuk bearing roda. Grease type ini sekarang tidak banyak lagi digunakan arena kemampuannya yang terbatas dan dayatahan terhadap air sangat buruk

Calcium Soap Base – Lebih lembut, dengan ketahanan terhadapa air yang cukup baik, akan tetapi daya tahan terhadap temperature sangat terbatas.  Grease ini juga sebagian besar sudah jarang ditemukan dan tidak diproduksi lagi, bebera juga telah diperbaiki kualitasnya
.
Lithium Soap Base - Lithium soap greases are secara umum disebut juga grease serbaguna atau multi-purpose greases. Dengan water resistance yang bagus, dapat juga digunakan seperti sodium grease. Mempunyai sifat penyimpanan aditive yang baik dan akan membentuk semacam “grease collar” pada bagian luar bearing untuk melundungi grease dari kotoran dan air.

Bentonite (Clay) Base – Greases dengan bentonite secara umum didesain sebagai grease tahan temperature tinggi dan biasa digunakan untuk bearing roda pada unit yang dilengkapi dengan disc brake.  Bahan dasar bentonite tidak memiliki “drop point” (indikator performance grease untuk maximum temperature grease) dan ini yang membuat grease ini lebih cocok untuk aplikasi tersebut.


 “Complex” Soap Base – Perkembangan tehnology pembuatan grease menghasilkan beberapa additive kimia tambahan yang kemudian disebut dengan “complex”grease. Grease type ini menggunakan convensional soaps dengan beberapa proses tambahan, dan  type secara umum disebut sebagai lithium complex. Type lain dari  complex grease termasuk calcium complex dan aluminium complex.
Penambahan istilah complex menunjukkan bahan additive grease (grease properties) untuk memperbaiki karakteristik grease, ermasuk didalamnya daya tahan terhadap temperature

Calcium Complex – Greases dengan water resistance tang baik dan daya tahan terhadap temperature tinggi, akan tetapi tidak cocok untuk jalur pemompaan yang panjang.

Aluminium Complex – Grease serbaguna termasuk untuk industri baja dimana kapasitas dayatahan beban sangat tinggi, dikombinasikan dengan daya rekat yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk aplikasi mesin industri dengan beban berat.

Lithium Complex - Grease ini hampir sama dengan conventional lithium greases dimana dapat digunakan untuk banyak aplikasi. Mempunyai daya tahan terhadap air yang sempurna, daya tahan terhadap temperature tinggi juga sangat baik, daya tahan beban baik, dapat dipompakan melalui lubang pelumasan, pipa kapiler dan mempunyai daya rekat yang baik sehingga tidak mudah meleleh.

Polyurea Base - Polyurea greases mempunyai daya tahan yang sangat baik terhadap oxidasi dan digunakan untuk aplikasi “long life” dan “fill-for-life”. Mempunyai daya tahan beban yang tinggi dan tahan temperature tinggi. Dan juga baik untuk putaran tinggi, pilihan yang tepat untuk ball bearing atau roller bearing dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Klasifikasi berdasarkan tingkat kekentalan (Viscocity)

Selain diklasifikasikan berdasar thickener, grease juga diklasifikasikan berdasarkan pada tingkat kekerasan dan kelembutannya. NLGI ( National Grease Lubrication Institute) telah mengeluarkan beberapa klasifikasi angka yang menunjukkan tingkat kekentalan grease.

NLGI number
ASTM worked (60 strokes) penetration at 25 °C tenths of a millimetre
Appearance
Consistency food analog
000
 445-475
Fluid
Cooking oil
00
 400-430
Semi
Fluid aple sauce
0
 355-385
very soft
brown mustard
1
310-340
Soft
tomato paste
2
265-295
normal grease
peanut butter
3
220-250
firm
vegetable shortening
4
175-205
very firm
frozen yogurt
5
130-160
hard
smooth pate
6
85-115
very hard
cheddar cheese


51 komentar:

  1. salam kenal

    pak heri, labtesting utk pabril grease apa saja ya? bisa share pdf , peralatam dan prosedurnya?
    thanks
    yudi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Methode dan peralatan pengetesan bermacam macam jenisnya. Ada yg menggunakan alat kusus seperti grease worker, atau dengan sinar infra merah dll. Untuk lebih jelasnya silahkan download artikelnya di www.astm.org Tersedia dalam format pdf

      Hapus
  2. salam kenal

    Pak saya minta info Untuk grease yang bagus dengan drop point 400C dengan harga terjangkau kira-kira pake apa ya pak?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba gunakan greases litium dkar mas... ato bisa konsultasi ke 082132972025

      Hapus
    2. Silahkan Gunakan Grease Deltalube 071 (murah meriah)

      Kami menyediakan Oli & Grease utk kebutuhan segala macam mesin industri...
      -High speed
      -High/Extrem Temp
      -High/Extrem Pressure
      -Water/Dust resistance
      -Food Grade

      Hubungi sbb:

      Hery Gunawan
      081338877570 or
      089670020925
      Lubricant Consultant
      DELTALUBE or
      LUBRICATION ENGINEERS

      Hapus
  3. Dear Pak Heri Suryo
    mohon untuk diberikan spesifikasi grease bila dipemakaian saya sampai dengan suhu ± 700°C
    ini untuk pelumas Roll Bearing yang berada didalam Oven yang artinya benar2 memerlukan HIGHT TEMPERATURE. saya harus pakai type yang mana?
    thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pak..baiknya Чåηg teflon

      Hapus
    2. konsultasikan langsung ke 082132972025 piter

      Hapus
    3. Saya ada pak. Base sintetic. Non melting..sangat baik untuk suhu panas extreme..
      Hub. 085746919786

      Hapus
  4. artikel yang sangat membantu masbro
    salam kenal

    pabriku.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Ada gak sich takaran bt ngegrease bearing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsultasikan langsung ke 082132972025 piter

      Hapus
  6. Pak untuk penentuan kapasitas greas tiap bearing kira2 ada ngak kalkulasinya... thks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsultasikan langsung ke 082132972025 piter

      Hapus
    2. Ada pak, tergantung ukuran bearing Boleh diskusi dgn kami 081318402529

      Hapus
  7. Pak untuk penentuan kapasitas greas tiap bearing kira2 ada ngak kalkulasinya... thks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsultasikan langsung ke 082132972025 piter

      Hapus
  8. Balasan
    1. konsultasikan kebutuhan greases anda langsung ke 082132972025. greases pabrik

      Hapus
  9. Terimakasih artikelnya mas. Semoga jadi ama sholehnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsultasikan kebutuhan greases anda langsung ke 082132972025. greases pabrik

      Hapus
  10. Supplyer Oil & Industrial Grease
    [OIL]
    - Lubriking Nano Additive
    - Gear & Bearing
    - Hydraulic Oil
    - Turbine Oil
    - Compressor Oil
    - Transformer Oil
    - Soluble Cutting Oil
    - Automotive Gear
    - Optimol Viscogen 23
    - Chemical
    - Parrafinic 95 & 60
    - Lithium Mp3 Red
    - Lithium EP transparant NLGI 3
    - JB.Racing 2T
    - Gear Synthetic 680
    - Oliec Acid
    - Gear 140 GL 5 & GL 4
    - Flushing Oil
    - Refrigerator Oil
    - Timac Super HD 40
    - 710 HD Cleaner
    - Engine CF40
    - Rocol Anti Seize J166
    - Cosmix 40
    - CPI-4 & CPI 4608
    - ATF Dextron 2D
    - Spindle Oil
    - Super Textile Oil Soluble
    - Brake Fluid DOT 3
    - Extreme Gear & Extra Gear
    - Fire Resistance
    - Drathon HTO
    - Equivalent GN & J2BS
    - Konsentrat
    - Low Smoke Oil
    - Synthetic Chain & Stenter 4000 CST
    - Anti Wear Super Hydraulic
    - Syntethic & Grinding Coolant
    - Sugar Mills 5000 & 8000
    - High Speed Diesel Engine Oil
    - Slow Speed Engine Oil
    - Transmission Oil
    - Circulating & Bearing Oil
    - Heat Transfer Oil
    - Slideways Oil
    - Trafo Oil
    - Metal Working Fluid
    - Syntethic Oil
    - Silicone Oil
    - Corrosion Preventive
    - Wire Rope
    - Specialities Oil
    - Pneumatic Oil
    - Transport Product Diesel Engine Oil
    - Gas Engine Oil
    - Vacum & Pump Oil
    - Offshore & Onshore
    - Radiator Coolant

    [GREASE/GEMUK]
    - Lithium Complex Grease
    - High Speed Grease
    - Syntetic Grease
    - Lithium Moly
    - High Temperature Grease
    - Lithium Base
    - Non Melt Grease
    - Calcium Multipurpose Grease
    - Extreme Pressure & High Load
    - Non Melt Grease
    - Multipurpose Grease
    - Water Resistance & Extreme Temp
    - Molybdenum Disulphide EP4
    - Electric Motor Grease
    - Centralized Grease
    - Anti Friction NLGI 3
    - Chassis Grease
    - Silicone KF 1.000
    - Grease Alvide Moly
    - Extreme Pressure & High Load
    - Wheel Bearing Grease Alluminium
    - Lithium EP NLGI 3,2,1,0,00,000
    - Silicone Grease
    - Open Gear & Wire Lubricant
    - Anti Seize 1100 derajat
    - Melthing For High Speed Anti Vibration

    [OTHER]
    - Chemicals
    - Contact Cleaner
    - Penetrating Oil
    - Additive

    Packing :

    Drum 200/Ltr
    Pail 20/Ltr

    Drum 180/Kg
    Pail 15 & 18/Kg

    [Best Oil]
    !!Best Price for Quantity!!
    ( Export & Indonesia )
    Position Tangerang City Indonesian
    ( For the price please call )
    Phone & WA : +6281230117291
    ext : +6285785755888
    PIN blackberry : 58D907DA
    email : antropovestefan@yahoo.com
    ext : antropovestefan240490@gmail.com

    Note : We 've supplied in a variety of reputable companies
    - PT. Yamaha Motor Indonesia Manufacturing [YMMI]
    - PT. GS. Battery
    - PT. Yuasa Battery
    - PT. Ezzer Kemindo Muliatama
    - PT. Kereta Api Indonesia [PERSERO]
    - PT. Krakatau Steel
    - PT. Suzuki Indomobil Indonesia
    - PT. Indocement Tunggal Perkasa
    - PT. Maspion Indonesia
    - PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia
    And Many More!

    BalasHapus
  11. Kami lagi mencari Grease yang bisa bersentuhan dengan bahan resin, kalau boleh tahu kami harus pakai grease yang tipe apa. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk resin to resin contact atau resin to metal contact bisa dg menggunakan white silicon grease. Banyak product grease ini dipasaran, silahkan gugling yak....
      Tengkyu

      Hapus
    2. konsultasikan kebutuhan greases anda langsung ke 082132972025. greases pabrik

      Hapus
    3. Kami ada produk grease jenis itu pak Tawid..hub. 085746919786..
      Kemasan pail 15 kg

      Hapus
  12. mencari OLI & GREASE untuk Industri ??? Hub kami 081394408353 (Untuk Area Jawa Barat)Terima kasih. email : yohanp2003@gmail.com

    BalasHapus
  13. suplier /pabrik greases langsung ke 082132972025 piter

    BalasHapus
  14. Kalau untuk mesin hotpress untuk pabrik plywood itu pakai oli apa ya?
    Atau pakai grease paling cair?
    mohon bantuannya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  15. Kalau untuk mesin hotpress untuk pabrik plywood itu pakai oli apa ya?
    Atau pakai grease paling cair?
    mohon bantuannya.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa hubungi 085746919786 untuk konsiltasi pelumas dan grease

      Hapus
    2. Bisa kontak kami Pak 081318402529 frans

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ralat no hp =
      081298802266

      Hapus
    2. Untuk keperluan Grease dan Oli Pelumas bisa hubungi kami PT. Eco Tangguh Lubrindo Marketing no. hp : 081546026020 Tlp : 021 58304510

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Butuh Calsium Multi purpose Grease, GB 350, High Perfomance, Kami pabrik GIBSON grease langsung, melayani grosir. Eceran min 10 pail.
    Hubi : 081298802266

    BalasHapus
  19. Sy pedagang onderdil alat berat, ayo siapa yg mau naro greasenya di toko sy.. Tapi cuma naro doang ya, jangan dulu dibayar, udah laku greasenya baru bayar..hehehe

    BalasHapus
  20. http://apotikjakarta.com/ciri-ciri-obat-blue-wizard-asli-perangsang-wanita/

    BalasHapus
  21. Yg butuh grease atau butuh specialty chemicals cleaner untuk alat2 berat.
    Anda bs hubungi di 081911503691(Didik)
    PT.EONCHEMICALS

    BalasHapus
  22. Mas mau tanya. Kalau penggunaan grease R2 dan R3 untuk equipment motor seperti apa? Berdasarkan rpm, temperatur atau yg lain?

    BalasHapus
  23. Grease type berapa untuk dipakai pada mesin textile Water jet.( Tahan air)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kontak saya pak 081318402529 frans

      Hapus
    2. bisa diskusikan dengan saya pak 082242429799 Toni. Thanks.

      Hapus
  24. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus
  25. grease jenis apa yang digunakan pada koneksi tembaga-tembaga dimana tembaga ini teraliri arus listrik? misalkan grease yang terdapat di saklar lampu

    BalasHapus
  26. Produk Petrofer Oil tersedia untuk semua kebutuhan industri seperti :

    Metal working fluid, Metal forming lubricants, Die casting, Forging, Hidrolik oil, Slide way, Gear oil, Cutting oil, Quenching oil dan berbagai jenis chemicals.

    Kami juga mempunyai produk cutting coolant untuk berbagai tipe material:
    Steel
    Aluminum
    Copper
    Brass
    Cast Iron
    Summary Produk Kami:
    Isopal A Blue
    Emulcut S 20
    Emulcut S 50
    Isocool 990
    Isogrind 130
    Emulcut 500 A
    Isocut VG 15
    Isocut VG 22
    Isocut VG 32
    Untuk Informasi detail produk kami silahkan email kami di tommy.transcal@gmail.com
    Mobile:0813-1084-9918

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Maaf, Grease untuk mainan RC itu kadar NGLI nya berapa? Dan untuk cara pengecekan NGLI atau kadar kekentalan nya bagaimana? Terima kasih 🙏

    BalasHapus